PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KETERSEDIAAN PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Authors

  • Muhammad Bayu Situngkir Universitas Widyagama Malang
  • Yekti Intyas Rahayu Universitas Widyagama Malang
  • Zulkifli Zulkifli Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/wnceb.v2i1.3154

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian, Pengaruh ketersediaan produk terhadap keputusan pembelian, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, sumber data penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu konsumen Meteor Cell di Jalan Gajayana, Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 90 responden. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, pengujiaan regresi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: store atmosphere, ketersediaan produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, Store atmosphere dan Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan ketersediaan produk tidak berpengaruh terhadap leputusan pembelian konsumen. Kata Kunci: store atmosphere, ketersediaan produk, kualitas pelayanan, keputusan pembelian AbstractThis study aims to determine: the effect of store atmosphere on purchasing decisions, the effect of product availability on purchasing decisions, the effect of service quality on purchasing decisions. This type of research is quantitative, the data source of this research is primary data that comes from the sample, namely Meteor Cell consumers on Jalan Gajayana, Malang City. Data was collected by distributing questionnaires to 90 respondents. Processing data using validity test, reliability test, regression testing and hypothesis testing. The results of this study indicate that: store atmosphere, product availability and service quality simultaneously affect consumer purchasing decisions, Store atmosphere and service quality significantly influence consumer purchasing decisions, while product availability has no effect on consumer purchasing decisions. Keywords:  store atmosphere, product availability, service quality, purchasing decisions

References

Bulele, Ester Y. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Toko, Kualitas Pelayanan Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Buku Gramedia Manado.†Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 16(3):258–69.

Charles Victor B. Saragih. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk, Ketersediaan Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Mandi Sumber Ayu Di Jakarta.†53(9):1689–99.

CiputraUceo.com. 2016. “Kualitas Pelayanan: Dimensi Dan Cara Mengukurnya.†CiputraUceo.Com. Retrieved May 14, 2021(http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/kualitas-pelayanan-dimensi-dan-cara-mengukurnya).

Dosen Pendidikan. 2021. “Teknik Pengumpulan Data.†DosenPendidikan.Com. Retrieved May 25, 2021 (https://www.dosenpendidikan.co.id/teknik-pengumpulan-data/).

Dumarçay, J. 2018. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian MakananDi Kota Surakarta.†Oxford Art Online 98 110. doi: 10.1093/gao/9781884446054.article.t082385.

Hestanto Adi. 2021. “Store Atmosphere.†Hestanto Personal Website. Retrieved May 5, 2021 (https://www.hestanto.web.id/store-atmosphere/).

Julianti, Ni Luh, Made Nuridja, and Made Ari Meitriana. 2014. “Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai Di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014.†Pendidikan Ekonomi GANESHA 4(1):1–11.

Muchlisin Riadi. 2020. “Pengertian Dan Jenis Skala Pengukuran Dalam Penelitian.†Kajianpustaka.Com. Retrieved May 31, 2021 (https://www.kajianpustaka.com/2020/11/pengertian-dan-jenis-skala-pengukuran.html).

Muliawan, Stanley, and Drs Sugiono Sugiarto M. .. M. 2018. “Pengaruh Food Quality Dan Ketersediaan Produk Terhadap Repurchase Intention Produk Sari Roti Di Surabaya.†Jurnal Strategi Pemasaran 5(2):1–6.

Mulyono. 2019. “Analisis Uji Asumsi Klasik.†Binus.Ac.Id. Retrieved June 2, 2021 (https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-uji-asumsi-klasik/).

Nasution, Asrizal Efendy, and Muhammad Taufik Lesmana. 2018. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus Pada Alfamart Di Kota Medan ).†Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia 1(2):83–88.

Sejati, Bayu Sutrisna Aria. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks.†Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen ISSN : 2461-0593 5(3):1–19.

Sholihat, Apriwati. 2019. “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):4.

Subianto, Totok. 2007. “Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian.†Jurnal Ekonomi Modernsasi 3:165–82.

Sugiharto, Sugiono. 2013. “Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Dalam Studi Kasus Air Minum Dalam Kemasan(Amdk) Cleo Didaerah Kelurahan Gunung Anyar Surabaya.†Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture 53(9 (AMDK)):1689–99.

Downloads

Published

2021-11-08

Issue

Section

Articles