PEMASARAN DIGITAL UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIFITAS KUE DI UNIESTY CAKE AND COOKIES SINGOSARI

Authors

  • Dadang Hermawan Program Studi D3 Mesin Otomotif, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Andy Hardianto Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Silviana Silviana Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3407

Keywords:

Stand Mixer, Efisiensi dan Produktifitas, Pendampingan Pemasaran

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak besar pada keberlangsungan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha Mikro Kecil dan Menengah sangat terpukul dengan terjadinya Pandemi ini. Dari mulai kegiatan produksi, perolehan bahan baku, tenaga kerjanya sampai kegiatan pemasaran yang sangat membuat pengusaha di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah sangat terdampak, demikian pula terjadi pada para pengusaha makanan kecil cake dan cookis ini menjadi banyak merugi dan bahkan menghentikan aktifitas produksinya. Uniesty Cake And Cookies, milik Bu Yuni Setyowati yang beralamat Perum candra kirana regency Blok E7 Desa Watugede Kecamatan Singosari Kabupaten Malang - Provinsi Jawa Timur. usaha Uniesty Cake And Cookies ini berdiri sendiri sejak tahun 2017 atau 4 tahun berjalan, dan termasuk yang terdampak pandemi. Berdasarkan survey dan wawancara langsung terhadap pengusaha mitra, permasalahan yang para pengusul hadapi dapat dikelompokkan menjadi dua aspek yaitu efisiensi dan produktivitas produk dimana kedua aspek ini saling berkaitan. Sehinggan dapat diidentifikasi permasalahan mitra yang dapat dideskripsikan adalah Efieisensi yaitu Produksi Kue masih menggunakan teknologi sederhana contohnya pencampuran bahan pada pembuatan donat kentang masih sederhana dengan cara yang manual yaitu menggunakan tangan manusia, Produktifitas yaitu dengan penggunaan teknologi pengaduk kue didapatkan waktu produksi yang lebih baik, dan Pendampingan Pemasaran Produksi Cake dan Cookies melalui media social.

References

A. Rizaldi and H. Hidayat, “Digital Marketing Communication Strategy,†J. Entrep. Dan Entrep., vol. 9, no. 2, pp. 57–66, Dec. 2020, doi: 10.37715/jee.v9i2.1340.

A. Ratnadianti, I. Fahmi, and S. Hannan, “Digital Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises for Snack in Bogor City,†J. Manaj. Dan Agribisnis, Mar. 2020, doi: 10.17358/jma.17.1.74.

Z. Umami and G. S. Darma, “DIGITAL MARKETING: ENGAGING CONSUMERS WITH SMART DIGITAL MARKETING CONTENT,†J. Manaj. Dan Kewirausahaan, vol. 23, no. 2, pp. 94–103, Sep. 2021, doi: 10.9744/jmk.23.2.94-103.

B. Widarno, “The Effect of Business Literation on SMEs Performance with Mediation of Risk Management and Entrepreneurial Self Efficacy,†J. Digit. Mark. Halal Ind., vol. 3, no. 1, pp. 37–48, Apr. 2021, doi: 10.21580/jdmhi.2021.3.1.7745.

A. Ratnadianti, I. Fahmi, and S. Hannan, “Digital Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises for Snack in Bogor City,†J. Manaj. Dan Agribisnis, Mar. 2020, doi: 10.17358/jma.17.1.74.

B. Widarno, “The Effect of Business Literation on SMEs Performance with Mediation of Risk Management and Entrepreneurial Self Efficacy,†J. Digit. Mark. Halal Ind., vol. 3, no. 1, pp. 37–48, Apr. 2021, doi: 10.21580/jdmhi.2021.3.1.7745.

Downloads

Published

2021-12-20