PENINGKATAN KAPASITAS SDM DAN KUALITAS PRODUK ROTI PADA UMKM “AUNA CAKE & BAKERY”
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v7i1.6975Keywords:
UMKM, Manajemen Usaha, Peningkatan Produksi, Sanitasi, Kualitas ProdukAbstract
Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia, khususnya di sektor makanan. UMKM Auna Cake & Bakery menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan alat produksi, minimnya tenaga kerja, dan akses pasar yang terbatas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kapasitas SDM dan kualitas produk melalui pengadaan alat produksi, penyuluhan manajemen usaha, serta pelatihan sanitasi dan hygiene. Metode pelaksanaan meliputi survei kebutuhan, penyuluhan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan efisiensi produksi dan pemahaman mitra terhadap manajemen usaha. Kesimpulan menunjukkan bahwa solusi berbasis teknologi dan pendampingan dapat memberikan dampak positif bagi keberlanjutan usaha UMKM.References
[1] Lisnawati. Tantangan UMKM Di Tahun 2024. Isu Sepekan Bid Ekkuinbang, Komisi VI DPR RI [Internet]. 2023;1–2. Available from: https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/isu_sepekan/Isu Sepekan---V-PUSLIT-November-2023-246.pdf
[2] Suhayati M. Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Info Singk Kaji Singk terhadap Isu Aktual dan Strateg. 2023;15(II):16–20.
[3] Tambunan TTH. UMKM di Indonesia: perkembangan, kendala, dan tantangan. Prenada Media; 2021.
[4] BPS. Klasifikasi Baku Lapangan Usaha indonesia. Badan Pus Stat. 2015;1:61–246.
[5] Suhartono S, Meiden C, Triyani Y, Adrea SN, Sare MK. Pendampingan Berkelanjutan dan Pelatihan Penyusunan “Sustainability Company Profile” UMKM Toko Roti LindaYes. J Abdimas Perbanas. 2022;3(2):93–103.
[6] Perdana D, Choifin M, Ngibad K, Rivaldo MA, Basyori I, Hakim L. Peningkatan Kapasitas Produksi pada UMKM Kerupuk Menggunakan Teknologi. INTEGRITAS J Pengabdi. 2022;6(1):145–54.
[7] Nadhiroh N, Jati DR, Pramadita S. Analisis Higiene Dan Sanitasi Pada Industri Roti Berdasarkan Permenkes RI Nomor 1096 Tahun 2011. Rekayasa Hijau J Teknol Ramah Lingkung [Internet]. 2023;7(3):239–51. Available from: https://doi.org/10.26760/jrh.V7i3.239-251
[8] Ratnaningtyas EM, Sari W, Fathona CAP, Syamsudin S, Hardaya A, Lestari S. Strategi Pemasaran Produk dalam Menghadapi Tantangan Pemasaran Digital (Studi Kasus pada UMKM Keripik Belut Citra Rasa). AKSIOMA J Sains Ekon dan Edukasi. 2024;1(5):216–30.
[9] Kamboj S, Gupta N, Bandral JD, Gandotra G, Anjum N. Food safety and hygiene: A review. Int J Chem Stud. 2020;8(2):358–68.
[10] MUHAMMAD IS. PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada UKM Kecamatan Kemiling). UIN Raden Intan Lampung; 2024.
[11] Zahra S. Definisi, Kriteria dan Konsep UMKM. 2022;
[12] Prayuda IPSA, Basit A, Zahari YK, Sakti RA. Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Berbagai Aspek Ekonomi. Econ Rev J. 2024;3(3):2670–83.
[13] Setiawan AD, Yamani AZ, Winati FD. Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)(Studi Kasus UMKM Ahul Saleh). J Teknol Dan Manaj Ind Terap. 2022;1(4):286–95.
[14] Griffin RW. Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen. J Entrep. 2021;
[15] Robbins SP, Coulter M. Principles of management. Transl by Seyyed Mohammad Arab Mohammed Ali Hamid Rafiee Behrouz Asrari Ershad, Fourth Ed Tehran Off Cult Stud. 2007;
[16] Sinaga H, Ekasani KA. Analisis Penerapan Hygiene dan Sanitasi. J Ilm Pariwisata dan Bisnis. 2024;3(4):622–31.
[17] Sudiarta IN, Semara IMT. Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja. Jayapangus Press Books. 2018;i–213.
[18] Chaerul DDP, Alwi MK. Penerapan Higiene dan Sanitasi Industri Rumah Tangga Pengolahan Tahu di Kelurahan Bara-Baraya Kota Makassar. Wind Public Heal J. 2021;2(1):152–62.