PENGARUH TUNJANGAN SERTIFIKASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN

Authors

  • MAS'UD MAS'UD Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe Kepulauan
  • Fajar Saranani Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe Kepulauan

DOI:

https://doi.org/10.31328/jim.v4i3.916

Abstract

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Tunjangan Sertifikasi  dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Teknik sampel adalah sensus, yakni 28 orang Guru di Kabupaten Konawe Kepulauan. Setelah dilakukan analisis regresi berganda, maka  diperoleh hasil bahwaTunjangan Sertifikasi  dan Motivasi Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru, baik secara simultan maupun parsial. Motivasi Kerja memiliki pengaruh dominan dibandingkan dengan Tunjangan Sertifikasi. Hasil ini juga didukung oleh kategori penilaian statistik deskriptif yang rata-rata tinggi. Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Tunjangan Sertifikasi  dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Teknik sampel adalah sensus, yakni 28 orang Guru di Kabupaten Konawe Kepulauan. Setelah dilakukan analisis regresi berganda, maka  diperoleh hasil bahwaTunjangan Sertifikasi  dan Motivasi Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru, baik secara simultan maupun parsial. Motivasi Kerja memiliki pengaruh dominan dibandingkan dengan Tunjangan Sertifikasi. Hasil ini juga didukung oleh kategori penilaian statistik deskriptif yang rata-rata tinggi. Abstract:The purpose of this study was to analyze the effect of Certification Allowance and Work Motivation toward Teacher Performance. The sample technique is the census, which is 28 teachers in Konawe Islands Regency. After multiple regression analysis, the results obtained that the Certification and Work Motivation Allowances have a significant effect on Teacher Performance, both simultaneously and partially. Work Motivation has a dominant influence compared to Certification Allowances. This result was also supported by a descriptive average category of descriptive statistics.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abimanyu, Soli, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Anoraga, Pandji, 2005, Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dasuki Achmad, Drs. dkk. 2008. Sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2008. Buku 1 Pedoman penetapan peserta. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Buku 2. (2008). Sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2008. Buku 3: Pedoman penyusunan portofolio. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dessler, Gary. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid 2. Jakarta : PT. Indeks.

Dewi, Tiara Anggia. 2015. Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang. JURNAL PROMOSI, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol.3.No.1 (2015) ISSN: 2442-9449, p. 24-35.

Dharma, Surya. 2004. Manajemen Kinerja: Falsafah, Teori, dan Penerapannya. Jakarta: Program Pascasarjana FISIP.

Dirjen DIKTI. 2009. Sertifikasi Guru Dalam Jabatan. Buku 3 – Pedoman Penyusunan Portofolio. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional.

Fajar, Arnie. 2006. Peranan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Dalam Makalah Seminar Nasional Sosialisasi Sertifikasi Guru dalam memaknai UU No. 14 Tahun 2005. Bandung: Kantor Disdik Jawa Barat.

Fasli, Jalal, (2007) Tanya Jawab Tentang Sertifikasi Guru Departemen Pendidikan Nasional.

Gibson, James L. Dkk. 2006. Organizations behaviour, structure, processes. Dallas : Business Pub.

Gujarati, Damodar, 2003, Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.

Handoko, T. H. 2004, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE .

Hardiyana, Aan dkk. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 7, No. 2, Oktober 2013, 64-73 ISSN 2443-0633.

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta.

Jalal, Fasli dkk. 2007. Pedoman penetapan peserta dan pelaksanaan sertifikasi

Kanto dkk. 2014. The Influence Of Certification Toward Work Motivation, Job Satisfaction And Performance Of State High Schools Guidance And Counseling Teacher In South Sulawesi. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 3, Issue 8, August 2014 ISSN 2277-8616.

Koswara, D. 2009. Studi dampak program sertifikasi guru terhadap peningkatan profesionalisme dan mutu di Jawa Barat. Penelitian Hibah Fundamental. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kuncoro, Mudrajat. 2001. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Kusmianto. 1997. Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta.

Maddala, G.S. 2001. Introduction to Econometrics, John Wiley & Sons Ltd, England.

Mangkunegara. Anwar Prabu 2005. Evaluasi Kinerja. Bandung : Refika Aditama

Mangkunegara. Anwar Prabu 2005. Sumber Daya Manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mangkuprawira, 2002 , Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Mathis, R. L., dan J.H. Jackson, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, buku 1 dan buku 2, Terjemahan, Salemba Empat, Jakarta.

Moehyi, A. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Unit Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Mulyasa E., 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru , Bandung, Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur, 2007, Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara.

Nuari, Mohammad Syamsudin. 2013. Eksistensi Komunitas Reggae Di Yogyakarta (Studi Pada Indonesia Reggae Community). S2 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

Nuari, Muhamad Aos. 2012. Analisis Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. Jakarta: Karya Ilmiah. Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru Dalam Jabatan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru Dalam Jabatan melalui jalur pendidikan.

Permendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang "Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan ".

Permendiknas Nomor 40 tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan.

Prawirosentono, Suyadi. 2002.Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21 Studi Kasus dan Analisis . Bumi Aksara. Jakarta.

Purba, D. S. 2010. Pengaruh program sertifikasi guru terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri Se-Kabupaten Blitar. Karya Ilmiah. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahardjo, Sri. 2014. The Effect Of Competence, Leadership And Work Environment Towards Motivation And Its Impact On The Performance Of Teacher Of Elementary School In Surakarta City, Central Java, Indonesia. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, Vol. 3 | No. 6 | June 2014 ISSN: 2278-6236.

Rivai Veithzal & Ahmad Fawzi Mohd Basri. 2005. Performance Appraisal Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan.. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan . Edisi Kedua,Raja Grafindo Persada , Jakarta.

Robbins dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi Duabelas, Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Samani. 2007. Pasca Sertifikasi Guru Harus Berubah. Semarang. Makalah.

Sanaky, Hujair, A. H. 2007. Kompetensi dan sertifikasi guru â€Sebuah Pemikiran

Sanaky, Hujair. 2004. Media Pembelajaran. Yogyakarta. Safiria Insania Press.

Soedijarto, 1993. Menuju Pendidikan nasional yang Relevan dan Bermutu, Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung.

Sukarman. 2013. Pengaruh Motivasi dan Pengawasan Terhadap Kinerja Guru Penerima Tunjangan Sertifikasi di Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

Darma, Surya. 2008. Menumbuhkan Semangat Kerjasama. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang No.14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Walujati, W. 2013. Analisis pengaruh sertifikasi guru, gaya kepemimpinan transformasional, motivasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Dasar Sukun Kota Malang. Tesis. Malang: Universitas Merdeka.

Wanyama, Wanyonyi Kadian et.al. 2014. Impact of motivation as HR bundle on performance of teachers of public schools in Bungoma County. African Journal of Business Management. Vol. 8(3), pp. 101-112, 14 February, 2014. ISSN 1993-8233 © 2014 Academic Journals.

Wijono, Sutarto. 2010. Psikologi Industri dan Organisasi. Kencana : Jakarta.

Wirartha, I Made. 2006. Metodologi Penetilian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Yustiyawan, Rachman Halim dan Desi Nurhikmahyanti. 2014. Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Profesional Guru Yang Bersertifikasi Terhadap Kinerja Guru di Smp Negeri 1 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 3. No. 3, Januari 2014, hlm. 114-123.

Zainun, Buchari. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.

Zulkifli, Mohammad dkk. 2014. Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia Mei 2014, Vol. 3, No. 02, hal 148 – 155.

Downloads

Published

2019-03-22