PENGARUH PERBANDINGAN CAMPURAN UDARA DAN BAHAN BAKAR PADA MAIN JET KARBURATOR TERHADAP PERFORMANCE MOTOR BAKAR BENSIN
DOI:
https://doi.org/10.31328/jp.v10i1.805Abstract
Motor bakar merupakan salah satu pesawat yang digunakan sebagai mesin penggerak utama. Oleh karena itu tenaga yang dibutuhkan sangat bervariasi. Tenaga yang dihasilkan motor bakar berasal dari pembakaran campuran antara bahan bakar dan udara yang terjadi didalam ruang bakar. Dengan perkembangan teknologi manusia mulai mencari alternatif untuk usaha pencapaian daya yang maksimum dengan mengoptimalkan kerja dari sistem motor bakar. Dari sekian banyak usaha yang digunakan, yang menjadi sorotan disini adalah pengoptimalan pembakaran Bahan bakar. Sebab kerja yang dihasilkan engine tergantung perbandingan jumlah udara dan bahan bakar yang masuk persatuan waktu. Untuk pengoptimalan pembakaran bahan bakar kami disini mencoba menganalisa pengaruh diameter main jet karburator yang nantinya akan mempengaruhi perbandingan campuran bensin dan udara pada motor bensin Toyota Kijang 4K 4 Langkah 1300sebagai usaha untuk peningkatan unjuk kerja. Hubungan antara putaran dengan pemakaian bahan bakar di peroleh hasil bahwa pemakaian bahan bakar dengan putaran berbanding lurus. Dari hasil penelitian pemakaian bahan bakar dengan putaran yang mengunakan main jet 1,15 mm adalah yang paling besar (boros). Bahwa semakin tinggi putaranya dayanya semakin meningkat. Dari ketiga main jet yang dipergunakan, main jet 1,05 mm yang lebih baik (daya yang dihasilkanbesar). Sedangkan main jet 1,05 mm yang paling optimal, daya yang di hasilkan besar dan konsumsi bahan bakarnya sedikit. Dilihat dari putaran 3000 rpm dapat disimpulkan diameter main jet yang mempunyai daya efektif yang besar dan iritdalam pemakaian bahan bakar adalah diameter main jet 1,05 mm, sebab diantara ketiga main jet yang mempunyai Daya Efektif (Ne) yang besar adalah diameter 1,05 mm dan 1,15 mm, tetapi dilihat dari Pemakaian bahan bakar (Fh) diameter 1,15 yang paling besar, dapat diartikan juga diameter 1,15 mm yang paling boros Kata kunci: Motor bakar, Main Jet, Bahanbakar dan DayaReferences
Anonim (2004), Dasar Listrik & Baterai, VEDC Malang.
http://agungribowo-otomotif.blogspot.com/ 2012/05/sistem-pengisian-sepeda-motor.html
https://bevolution89.wordpress.com/2013/10/20/sistem-pengisian-sepeda-motor/. http://smkaloy.blogspot.com/2011/03/kelistrikan-sepeda-motor-supra-x.html
http://kereatif-anjar-nurrohman.blogspot.com/2013/ 06/reaksi-kimia-proses-pengosongan-dan.html.
http://sabiqptm.blogspot.com/2014/05/motor-bakar-secara-umum.html.
https://arnaldowaric.wordpress.com/2014/01/19/makalah-kesehatan-dan-keselamatan-kerja-k3/.
Nugraha, Beni Setya. (2005). Sistem Pengisian dan Penerangan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sullivan`s Kalvin R. (2004), Battery, WWW. Autoshop 101. Com
Tim Fakultas Teknik Universitas Negri. 2004. Merawat Baterai. Yogyakarta.