ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK TRANSMISI 500 KV DI SUMATERA DENGAN METODE EARNED VALUE: STUDI KASUS MUARA ENIM – NEW AUR DURI

Authors

  • A. Iqbal Al Aziz Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Muhamad Cakrawala Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Dafid Irawan Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang

Abstract

Pemerintah Indonesia terus mengembangkan jaringan transmisi listrik dalam program kelistrikan jangka panjang. Proyek Pembangunan Transmisi 500 kV Sumatera Paket 3 Zona 4 & 5 Muara Enim – New Aur Duri merupakan proyek strategis untuk meningkatkan kapasitas daya dan keandalan listrik di Sumatera, dengan nilai kontrak Rp 2.979.717.105.158 dan durasi 1095 hari kalender. Namun, pada minggu ke-76 di bulan Juli 2023, prestasi proyek baru mencapai 21,679% dari target 40,375%, menyebabkan deviasi -18,696% dan potensi keterlambatan penyelesaian proyek. Penelitian ini mengevaluasi pengendalian biaya, waktu, dan pekerjaan proyek menggunakan metode Earned Value (EVA). Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Indikator kinerja yang dihitung meliputi Earned Value, Actual Cost, Budgeted Cost, Schedule Variance, Cost Variance, Budget at Completion, Cost Performance Index (CPI), Schedule Performance Index (SPI), Remaining Work at Completion, dan To Complete Performance Index. Hasil penelitian menunjukkan proyek mengalami keterlambatan signifikan dengan penyimpangan jadwal sebesar -Rp 705.795.603.206, namun efisiensi biaya tinggi dengan penyimpangan biaya Rp 1.924.910.568.803. Indeks Kinerja Jadwal (SPI) sebesar 0,737 mengindikasikan proyek lebih lambat dari jadwal, sementara Indeks Kinerja Biaya (CPI) sebesar 36,830 menunjukkan efisiensi biaya yang tinggi. Perkiraan Biaya untuk Pekerjaan Tersisa (ETC) adalah Rp 957.558.879.185 dan Perkiraan Biaya pada Saat Penyelesaian (EAC) adalah Rp 1.011.282.531.640, lebih rendah dari anggaran yang direncanakan. Disimpulkan bahwa proyek mengalami keterlambatan signifikan dan perlu upaya percepatan penyelesaian. Rekomendasi meliputi optimasi sumber daya, peningkatan koordinasi tim, penjadwalan ulang dengan penambahan shift atau lembur, pemantauan progres real-time, evaluasi rutin, dan pengendalian biaya ketat.

References

Abdurrahman, D. (2020). Analisis Kinerja Proyek Dengan Menggunakan Metode Konsep Nilai Hasil (Analysis of Project Performance Using Earned Value Method).

Abimanyuaji P, M. (2021). Analisis Percepatan Waktu Proyek Konstruksi Dengan Metode Time Cost Trade Off (Analysis on Scheduling Acceleration for Construction Project Using

Time-Cost Trade-Off Method).

Amaral, Lucas, Do Rosario, Aji Suraji, and Dafid Irawan. 2021. “Studi Evaluasi Geometrik Jalan Nasional Pada Ruas Jalan Kepanjen-Wlingi.â€

Atmaja, J., Wijaya, Y. P., & Hartati. (2016). Pengendalian biaya dan waktu pada proyek konstruksi dengan konsep earned value (studi kasus proyek pembangunan Jembatan

Beringin – Kota Padang). Rekayasa Sipil, 13(1), ISSN 1858-3695.

Aulia, F. (2018). Analisis Pegendalian Biaya Dan Waktu Dengan Metode Konsep Nilai Hasil Pada Proyek Pembangunan Hadiningrat Terrace (Cost and Time Control Analysis Using Earned Value Method in Hadiningrat Terrace Building Project).

Bangun, J. U. (2018). Analisis Pengendalian Waktu Dan Biaya Pada Tahap Pelaksanaan Proyek Dengan Menggunakan Metode Nilai Hasil (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Perkantoran Tower PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero).

Candra, W. A. (2018). Analisis Percepatan Proyek Pada Pekerjaan Struktur Menggunakan Metode Crashing Dengan Penambahan Tenaga Kerja

Evelyn Bolla, Margareth. 2012. Perbandingan Metode Bina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurang, Kota Malang).

Faisal, Ruhdi, Zulfhazli, Azizul Abdi Hakim, and Muchtaruddin. 2020. “Perbandingan Metode Bina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Dalam Mengevaluasi Kondisi Kerusakan Jalan (Studi Kasus Jalan Tengku Chik Ba Kurma, Aceh).†Teras Jurnal 10(1): 110.

Gesvi Aptarila; Fadrizal Lubis; Alfian Saleh; 2020. “Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan-Batas ProvinsiSumatera Barat.â€

Gusnilawati, Anisa, Yusfita Chrisnawati, and Woro Partini Maryunani. 2021. Perbandingan Metode Bina Marga, Metode PCI (Pavement Condition Index), Dan Metode SDI (Surface Distress Index).

Hafizh, A. (2018). Analisis Biaya Dan Waktu Proyek Dalam Proses Kinerja Dengan Menggunakan Metode Earned Value (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Rusunami Medan).

Kurniawan, A. (2017). Analisis Percepatan Penjadwalan Dengan Menggunakan Metode Fast Track Pada Proyek Rehabilitasi Saluran Sekunder Kebunangung Di Kabupaten Sumenep.

Mona, D. M., Mentang, S., & Pangemanan, N. A. (2022). Analisis pengendalian biaya dan waktu pada proyek pembangunan Manado Outer Ring Road III Tahap 1 dengan menggunakan metode Earned Value. Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, 1(1).

Muhammad Yusup, Cucup, and Nia Kartika. 2019. “Analisis Biaya Pemeliharaan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Surface Distress Index (SDI) (Studi Kasus :

Ruas Jalan Cisaat-Situgunung Sta. 0+400-5+400 Kabupaten Sukabumi).†Jurnal Ilmiah SANTIKA 9(2).

Pasiak, Imanuel S, Joice E Waani, and Theo K Sendow. 2020. “Evaluasi Struktur Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Ruas Jalan Airmadidi-Kairagi) STA 8+193,64-STA 11+193,64.†Jurnal Sipil Statik 8(4): 545–54.

Pedoman IKP Pd-01-2016-B. “Pedoman-Penentuan-Indeks-Kondisi-Perkerasan-Ikp.â€

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum. 2011. Pedoman Penyelenggaraan Jalan Khusus

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Pekerjaan Umum.

Permadi, Diki, Wahyu Widianto, and Yeyet Hudayat. FTSP Series Analisis Kondisi Permukaan Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Survey SDI Dan RCI Serta Penanganannya.

Permen PU No 13 Tahun 2011. “Tata Cara Pemeliharaan Dan Pemilikan Jalan.â€

Pidang Bulan, Maya, Aji Suraji, and Agus Tugas Sudjianto. 2021. Identifikasi Kerusakan Jalan Perkerasan Kaku Untuk Program Preservasi Jalan.

Priyadi, Slamet. 2022. “Preservasi Jalan Batas Kota Medan- Tanak Karo Dengan

Pendekatan Metode Long Segmen.†Jurnal VORTEKS 3(1): 204–8.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). 2021. Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero).

Rifqi Auzan N, Daniar Rizky S, Suharyanto, & Frida Kistiani. (2017). Pengendalian Biaya dan Waktu Proyek dengan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkts, 6(4), 460-470

Saputra, A. G., Diantoro, W., Taufiq, M., Khamid, A., & Wahidin. (2023). Pengendalian biaya dan waktu pada proyek pembangunan Factory 2 PT Hoga Reksa Garmen di Wilayah Garut (Studi Kasus pada Lantai 1 dan Mezanine). Era Sains: Jurnal Penelitian Sains,

Keteknikan dan Informatika, 1(3), 66-90.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>