EVALUASI STRUKTUR DERMAGA KAISON AKIBAT RENCANA PENGEMBANGAN PELABUHAN

Authors

  • Ika Salsabila Nurahida Program Studi DIV Teknologi Rekayasa dan Pemeliharaan Bagunan Sipil, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Malang
  • Pranoto Pranoto Program Studi DIV Teknologi Rekayasa dan Pemeliharaan Bagunan Sipil, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Malang
  • Aji Suraji Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang

Abstract

Negara Indonesia sebagian besar berupa lautan, sehingga Indonesia memerlukan pelabuhan sebagai saran penunjang pertumbuhan ekonomi. Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya merupakan pelabuhan dengan wilayah yang strategis dengan dikukung daerah hinterland Jawa Timur. Seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka PT Pelindo III melakukan penataan ruang bongkar muat dan klasterisasi pada beberapa dermaga. Salah satu dermaga yang mengalami klasterisasi adalah dermaga X dimana dulu dermaga X adalah dermaga yang menangani muatan general cargo menjadi dermaga multipurpose. Sehingga dermaga X akan mengalami pengembangan seperti yang direncanakan, yaitu peningkatan bobot kapal yang ditambat sesuai dengan stabilitas struktur kapal yang dapat ditambat agar struktur kaison tetap aman, yaitu kapal container 10.000 DWT. Namun, tetap perlu dilakukan perkuatan terhadap struktur kaison dikarenakan terjadi pengerukan. Struktur dermaga X menggunakan kaison, sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap stabilitas eksternal dan kapasitan elemen struktur dermaga itu sendiri. Berdasarkan hasil evaluasi, untuk stabilitas eksternal struktur dermaga masih memenuhi, namun untuk kapasitas elemen struktur dermaga kaison tidak memenuhi, sehingga diperlukan rencana perkuatan kedepannya. Rekomendasi perkuatan yang diusulkan adalah penambahan elemn struktur dinding pengaku di tengah bentang atau dermaga baru didepan struktur dermaga eksisting.

References

Badan Standardisasi Nasional, “Persyaratan Perancangan Geoteknik,†Standar Nas. Indones., vol. 8460, pp. 1–323, 2017.

DIRECTORATE GENERAL OF SEA COMMUNICATION, “Standard Design Criteria for Ports in Indonesia.†pp. 1–38, 1984.

N. D. Morrison and J. Y. Chun, “POLB Design Criteria Manual,†in Engineering Design Division, 2014, no. Januari.

T. E. Spencer, “Marine fender systems,†Port Dev. Chang. World, PORTS 2004, Proc. Conf., pp. 427–436, 2004, doi: 10.1061/40727(2004)44.

Trelleborg Marine and Infrastructure, “Fender Systems,†vol. 65, no. 767, Mar. 1985, pp. 150–154, 2018.

BS 5400, “Steel, concrete and composite bridges——Part 2: Specification for loads,†UK Br. Stand. Assoc. London, vol. 76, no. 8, pp. 435–435, 1978.

D. W. Hoffman, Technical Standards and Commentaries for Port and Harbour Facilities in Japan. 2002.

Badan Standardisasi Nasional, “Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung Sebagai Revisi Dari Standar Nasional Indonesia,†Sni 1726-2019, no. 8, p. 254, 2019, [Online]. Available: www.bsn.go.id.

V. I. T. Tanah, “Vi. tekanan tanah.â€

Badan Standardisasi Nasional, “Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung,†Sni 2847-2019, no. 8, p. 720, 2019.

B. M. Das, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). 1995.

C. R. Anisadila, H. Widhiarto, and L. E. Fatmawati, “Perencanaan Ulang Perkuatan Struktur Dermaga Menggunakan Pondasi Tiang Pancang Dengan Variasi Diameter,†Racic Rab Constr. Res., vol. 8, no. 1, pp. 108–115, 2023, doi: 10.36341/racic.v8i1.3099.

I. T. Pratama, B. Widjaja, and G. M. Hutabarat, “Evaluasi Dan Desain Perbaikan Dinding Penahan Tanah Tipe Dinding Gravitasi Di Cikupa, Tangerang, Banten,†J. Arsip Rekayasa Sipil dan Perenc., vol. 5, no. 4, pp. 265–274, 2022, doi: 10.24815/jarsp.v5i4.27492.

M. W. Hakiki, “Studi Perencanaan Dinding Turap (Sheet Pile) Pada Proyek Perkuatan Struktur Dermaga Terminal Berlian Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,†pp. 1–11, 2021.

Suparyanto dan Rosad (2015), “Analisis Kelayakan Struktur Dermaga Kuala Enok Humisar,†Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>